Cara Menghitung Biaya Bordir Kaos Murah

Bordir kaos atau pakaian bisa memberikan kesan profesional dan ekslusif, biasanya bordir diaplikasikan pada jaket, topi, hingga kaos dan seragam perusahaan.  Bordir juga dikenal sebagai hiasan fashion yang terbilang awet dan tahan lama karena terbuat dari rangkaian benang yang disulam mengikuti pola atau design yang diinginkan.  Meski bordir relatif lebih mahal daripada sablon, namun semua perhitungan biaya tetap tergantung pada jumlah kaos yang disablon dan tingkat kerumitan design.  Harga biaya produksi kaos bordir sangat tergantung pada banyaknya jumlah jahitan pada logo atau design dan jumlah item yang dibordir.

bordir-kaos-murah-2

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi biaya produksi kaos bordir:

Jumlah kaos yang akan dibordir

Banyak sedikitnya kaos yang dibordir tentu sesuai dengan minimal order yang telah ditentukan.  Adapun bordir komputer biasanya direkomendasikan untuk produksi kaos dalam jumlah yang banyak.

Tenggang waktu yang dibutuhkan

Lama pengerjaan bordir pada kaos akan sangat berpengaruh pada penentuan harga bordir.  Pengerjaan bordir dalam jumlah yang banyak namun waktunya cukup singkat akan berpengaruh pada harga yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan pengerjaan dalam waktu standar.

Jumlah stitch atau titik jarum pada kain

Perhitungan biaya bordir bukan berdasarkan luasnya area yang dibordir melainkan jumlah stich atau tusukan jarum pada design yang dibordir.

Beberapa jenis stitch antara lain adalah

  • Fill stich atau Tatami, yaitu tusukan jarum untuk mengisi area tengah bordir
  • Running stitch, yaitu tusukan jarum berupa satu jalur benang atau kelipatannya.
  • Satin stitch atau zigzag, yaitu tusukan jarum yang sejajar dan zigzag, biasanya untuk mengisi bordir berupa garis, font atau border.

Kerumitan design atau logo

Semakin tinggi tingkat kerumitan design semakin tinggi pula biaya bordirnya, karena proses pengerjaannya membutuhkan keterampilan khusus terutama untuk menampilkan design yang lebih detail.

Variasi warna yang diaplikasikan

Penggunaan benang dan variasi warna yang lebih banyak tentu berpengaruh pada harga yang cenderung lebih mahal, jika dibandingkan dengan bordir yang penggunaan benang dan variasi warnanya sedikit.

Berikut ini adalah cara menghitung biaya produksi kaos bordir yang bisa dijadikan referensi:

Proses bordir dengan komputer diawali dengan pembuatan film punching, dan perhitungan dalam pembuatan film dihitung berdasarkan jumlah sticth atau tusukan.  Untuk harga per stitch sangat bervariasi, yaitu antara Rp 5 – Rp 10.  Harga tersebut kemudian dikalikan jumlah stitch yang digunakan untuk proses bordir.  Sebagai gambaran, untuk keperluan pembuatan logo di dada sebelah kiri biasanya membutuhkan 14.000 stitch.  Tinggal dikalikan harga per stitch, misalnya 14.000 x 10 = 140.000 (untuk film).  Sedangkan harga bordiran bisa dikalikan dengan 0,7 atau 0,5 tergantung jumlah yang dibordir.

Untuk lebih jelas berikut ini adalah contoh konkretnya:

Proses pengerjaan untuk 100 kaos bordir dari stitch Rp 15.000 x 0,5 = Rp 7.500, dimana untuk bordirannya dihargai Rp 7.500.  Jika sudah ada filmnya, maka hanya perlu membayar biaya bordir saja sehingga biaya film sebesar Rp 140.000 tidak dibebankan lagi selama program softwarenya sama.  Dalam hal ini pembuatan film punching yang sudah selesai akan dimasukkan ke dalam head mesin bordir komputer, dengan begitu operator tinggal mengatur dan menyesuaikan warna benang, margin, mapun pengaturan area kaos yang akan dibordir.  Dibutuhkan keterampilan yang baik agar hasil bordir pada kaos rapi dan berkualitas.

Kami berpengalaman memproduksi berbagai bordir kaos untuk keperluan kaos seragam, kantor, panitia event, kaos kelas, kaos kampus, atau kaos sekolah. Bagi rekan-rekan di perusahaan atau kantor yang ingin membuat bordir kaos dengan baya terjangkau dan kualitas terbaik, silahkan untuk menghubungi kami.

Sumber: http://bordirkaosandalas.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *