Mengenal Jenis Jahitan atau Tusuk Bordir Pada Bordir Kaos

Pada dasarnya penggunaan aplikasi bordir kaos pada berbagai macam kain bertujuan untuk memberikan sentuhan estetika sehingga tampilan kain terlihat lebih keren dan eye catching.  Untuk proses bordir kaos atau sulaman, dibutuhkan keterampilan dan peralatan yang memadai, sehingga bisa menghasilkan berbagai jenis bordir yang beraneka ragam dan bervariasi.  Berikut ini adalah informasi mengenai beberapa jenis bordir dan bagaimana teknik dasar pembuatannya.

Jenis-jenis bordir

Secara umum, ada 2  teknik bordir yang digunakan dalam proses membordir yaitu Bordir dengan teknik manual atau bordir tangan dan bordir dengan teknik komputer.  Untuk teknik bordir manual, proses pembordiran bisa dilakukan dengan mesin manual maupun tangan dengan mengandalkan skill yang dimiliki.

Pada teknik manual yang mengandalkan keterampilan tangan, jenis bordir bisa dibedakan menurut jenis tusuk yang diaplikasikan, seperti pada gambar berikut ini

jenis-tusuk-bordir

Sedangkan untuk jenis bordir dengan mesin baik mesin jahit maupun mesin bordir dan komputer, jenis variasi tusuk yang diaplikasikan lebih sedikit.  Jenis tusuk yang digunakan dalam teknik ini antara lain adalah:

Tusuk lurus, yaitu jenis tusuk yang biasanya digunakan untuk membentuk kerangka motif sebelum dibordir dengan cara membuat motif lurus pada bahan.  Selain itu juga digunakan untuk mengisi bidang atau isian motif pada bidang yang lebar serta motif berbentuk garis lurus maupun melengkung.

Tusuk zigzag, yaitu jenis tusuk yang dibuat dengan cara membuat motif zigzag berjauhan dan biasanya digunakan untuk membuat berbagai bentuk motif seperti garis, flora fauna, motif geometris dll.

Selain dari segi jahitan bordir bahan yang di gunakan juga harus di perhatikan. Percuma jika jahitan bordir bagus tapi kualitas bahan yang di gunakan sangat buruk. Karena bahan yang berkualitas selalu di gunakan oleh para pengusaha konveksi salah satunya Supplier baju online dan jual background dinding.

bordir-zigzag

Jika dilihat dari hasil bordiran, jenis bordir bisa dibagi ke dalam beberapa jenis berikut ini:

  • Sulam datar, berupa hasil bordir yang rata dengan permukaan kain
  • Sulam terawang, berupa hasil bordir yang berlubang-lubang atau menerawang seperti pada kebaya.
  • Sulam timbul, berupa hasil bordir yang timbul di permukaan kain, untuk jenis ini biasanya menggunakan jarum bordir timbul.
  • Sulam bebas, berupa hasil bordir yang mengabaikan pola tenun pada kain seperti yang digunakan dalam bordir wol.
  • Sulam hitungan jahitan, berupa hasil sulaman yang dibuat dengan menghitung jumlah jahitan. Biasanya diaplikasikan pada kain kanvas, strimin, linen dan kain aida.
  • Bordir aplikasi, yaitu dengan merekatkan kain pada bahan kemudian dibordir pada pinggirannya.

emblem-1

Sumber: http://bordirkaosandalas.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.